RSS

PENGARUH KONSENTRASI KALIUM HIDROKSIDA DAN WAKTU REAKSI DEASETILASI KITIN TERHADAP DERAJAT DEASETILASI KITIN DARI LIMBAH KULIT UDANG PUTIH (Litopenaeus vannemei)

05 Agu

ABSTRAK


Rahmi Marfa Lesy. 2009. PENGARUH KONSENTRASI KALIUM HIDROKSIDA DAN WAKTU REAKSI DEASETILASI KITIN TERHADAP DERAJAT DEASETILASI KITIN DARI LIMBAH KULIT UDANG PUTIH (Litopenaeus vannemei)

 Kitin merupakan polisakarida kedua terbanyak di alam setelah selulosa. Kitin memiliki rumus molekul poli [ß-(1→4)-2-acetamido-2-deoksi-D-glukopiranosa]n. Kitin memiliki derajat deasetilasi 0-45%. Salah satu sumber kitin terdapat pada kulit udang (20-30%). Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh variasi konsentrasi KOH dan variasi waktu reaksi deasetilasi kitin terhadap derajat deasetilasi kitin limbah kulit udang putih (Litopenaeus vannemei), serta menentukan konsentrasi KOH dan waktu reaksi deasetilasi kitin yang dapat menghasilkan derajat deasetilasi yang maksimum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Penelitian Kimia FMIPA UNP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu variasi konsentrasi KOH (40%, 50%, dan 60%) dan variasi waktu reaksi deasetilasi kitin (3 jam, 4 jam, 5 jam). Objek penelitian adalah limbah kulit udang putih (Litopenaeus vannemei) yang diperoleh di Pasar Pagi Purus Padang. Kitosan dikarakterisasi dengan spektrofotometer FTIR (Fourier Transform Infrared) metode base-line. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsentrasi KOH dan waktu reaksi deasetilasi mempengaruhi derajat deasetilasi kitin. Berdasarkan Analisa Variasi (ANAVA) menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang nyata derajat deasetilasi kitin yang dihasilkan akibat variasi konsentrasi KOH dan waktu reaksi deasetilasi. Derajat deasetilasi kitin maksimum diperoleh pada konsentrasi KOH 60% dengan waktu reaksi deasetilasi selama 5 jam yaitu 69,4820%.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Agustus 2011 in Artikel, Laboratorium, Penelitian

 

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: